Menu

sejarah visual basic-tulisan bebas

Sejarah Visual Basic:
  1. 20 Mei 1991: Microsoft merilis Visual Basic versi 1.0 untuk Windows di Windows World 1991, Atlanta, Amerika Serikat. Pembuatan aplikasi bisa lebih cepat dibandingkan sebelumnya.
  2. 1 September 1992: Microsoft mengumumkan Microsoft Visual Basic for MS-DOS® dalam edisi Standard dan Professional. Seperti Visual Basic untuk Windows, versi ini mengkombinasikan kemudahan pendisainan secara grafis dengan kekuatan dan keunggulan dalam banyak hal di pemrograman tradisional.
  3. 2 November 1992: Microsoft mengumumkan kemampuan dari Visual Basic versi 2.0 untuk Windows pada edisi Professional dan Standard. Versi ini menyertakan lebih dari 300 fitur baru dan peningkatan untuk pengembangan aplikasi yang lebih cepat, pengaksesan ke fitur-fitur tingkat lanjut di Windows, dan produktivitas pengembang yang lebih besar lagi.
  4. 14 Mei 1993: Microsoft mengumumkan Visual Basic versi 3.0 untuk edisi Standard dan Professional. Versi 3.0 menyediakan kemudahan akses ke berbagai sumber data yang banyak dengan mengintegrasikan mesin database Microsoft Access Database for Windows 1.1 dan kemampuan di bidang aplikasi melalui Object Linking and Embedding (OLE) 2.0.
  5. 29 Juni 1993: Microsoft mengumumkan bahwa Microsoft Visual Basic for Applications (VBA) akan diintegrasikan ke dalam Microsoft Excel 5.0 dan Microsoft Project 4.0. Visual Basic akan melayani bahasa Macro yang umum di versi yang akan datang dari aplikasi-aplikasi untuk Windows dan Macintosh. Fitur Macro yang umum untuk aplikasi dan OLE 2.0, keduanya merupakan elemen penting di visi dan strategi Microsoft. VBA memiliki mesin pengembangan tangguh dan fleksibel yang sama yang membuat Visual Basic menjadi terkenal, teknologi pemrograman yang memperoleh penghargaan.
  6. 14 November 1994: Visual Basic versi 4.0 untuk Windows didemonstrasikan di Fall/COMDEX ’94 di Las Vegas. Pada versi ini diperkenalkan: Class, OXC’s, dan programmer dapat membuat add-ins sendiri dengan mudah.
  7. 12 September 1995: Visual Basic versi 4.0 untuk MS-DOS, Microsoft Windows NT®, dan Windows 95 diumumkan. Semua versi menyertakan dukungan teknologi OLE yang lebih dikembangkan, perbaikan akses data, sebuah lingkungan pengembangan yang bersifat visual, dan migrasi ke Windows 95 dan Windows NT untuk aplikasi-aplikasi yang sudah ada.

  1. 7 Desember 1995: Microsoft mengumumkan Microsoft Visual Basic Scripting Edition (VBScript), sebuah bahasa skrip Internet berbasiskan pada Visual Basic. VBScript membolehkan pengembang untuk mengaitkan dan mengotomatiskan berbagai jenis object di halaman situs, termasuk object OLE. VBScript menjadi sebuah spesifikasi yang diusulkan berlisensi gratis yang tersedia bagi komunitas Internet.
  2. 3 Februari 1997: Microsoft membuka sistem pemrograman Visual Basic versi 5.0. Fitur-fitur tingkat lanjut — seperti kompilasi berjenis native code, akses database berkecepatan tinggi, dan sebuah lingkungan pengembangan yang ditingkatkan — membuat Visual Basic versi 5.0 menjadi versi yang paling hebat. kemampuan teknologi pembuatan komponen Microsoft ActiveX® di Visual Basic versi 5.0 akan membolehkan lebih dari 3 juta pengembang menggunakan Visual Basic.











Pengertian Visual Basic
       Visual Basic merupakan gabungan dari 2 kata yang memiliki makna sendiri, yakni Visual dan Basic.
Visual  adalah metode yang digunakan untuk membuat pertemuan antar muka yang bersifat grafis Graphical User Interfac. Dengan ini kita dapat dengan mudah menambahkan object yang sebelumnya sudah dibangun ke dalam tempat dan posisi yang Anda inginkan di layar Anda, daripada menulis berbaris-baris kode untuk menjelaskan pemunculan dan lokasi dari suatu elemen di dalam antar muka. Jika Anda pernah menggunakan program untuk menggambar seperti microsoft office editor, maka itu sudah termasuk user yang bisa membuat antar muka.
Basic adalah singkatan dari Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code. Basic merupakan bahasa yang sering kali dipakai oleh programmer. Visual Basic telah mengalami perubahan dari BASIC dan sekarang memiliki ratusan statements, fungsi (functions), dan kata kunci (keywords), dan rata-rata memiliki visual.
Sistem Pemrograman Visual Basic dalam bentuk Edisi Aplikasi, telah dimasukkan ke dalam Microsoft Excel, Microsoft Access, dan banyak aplikasi Windows lainnya juga menggunakan bahasa yang sama. Visual Basic Scripting Edition (VBScript) adalah sebuah bahasa skrip yang digunakan secara lebih umum dan merupakan bagian dari bahasa Visual Basic.
Variabel adalah sebuah lokasi tempat penyimpanan yang mempunyai nama dan berisi data yang dapat dimodifikasi selama program dieksekusi.
Di Visual Basic 6, Anda dapat menggunakan variabel jika ingin menyimpan suatu nilai secara sementara selama program sedang dijalankan. Nilai tersebut tersimpan di dalam memory komputer yang menjalankan program tadi. Variabel memiliki nama (kata yang Anda gunakan untuk mengacu kepada nilai variabel) dan sebuah tipe data (yang menentukan jenis data variabel dapat disimpan).
kode Visual Basic 6 di Excel 2007 untuk menggabungkan tiga buah Cell menjadi sebuah Range, lalu memformat perataan (Alignment) Range tersebut baik secara Horizontal dan Vertical, dan terakhir, menuliskan “Visual Basic Indonesia” di Range tersebut. Melalui artikel ini Anda dapat mengetahui bahwa ketika Anda melakukan pemformatan Cell atau [...]

Hal lainnya yang tidak kalah penting jika Anda bekerja dengan Macro di Excel 2007 adalah memformat Cell atau Range tertentu di suatu Worksheet dengan menambahkan border atau garis pada sebuah tabel yang terdiri dari beberapa baris dan kolom. Anda pasti sering membuat tabel yang dilengkapi dengan border. Lalu, mengapa pekerjaan berulang itu tidak diotomatiskan saja? [...]
Setelah di artikel sebelumnya kita telah berhasil membuat dan mengeksekusi sebuah Macro yang paling sederhana di Excel 2007, maka pada artikel ini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara mengetahui, mengambil, serta menampilkan nama-nama Worksheet atau Sheet di sebuah file Excel 2007 langsung dari dalam file tersebut. Hal ini sangat mendasar dan penting untuk Anda [...]
Salah satu alasan mengapa Visual Basic 6 (VB6) atau Visual Basic versi klasik masih tetap digunakan bahkan pada akhirnya menjadi salah satu tools pengolah data favorit para programmer, adalah karena kode VB6 masih tetap dapat digunakan di sebagian besar produk Microsoft Office (Excel, PowerPoint, dan Word). Bagi Anda yang pernah menggunakan fitur Macro di Excel, [...]


0 komentar:

Posting Komentar